Kamis, 12 November 2009


Membuat Mail Merge Pada Microsoft 2007




Gambar 1 : Wizard untuk membuat mail merge


Kemudian akan nampak halaman document seperti di bawah, pilih type document yg akan digunakan, setelah memilih klik link next :starting document yg berada di pojok kanan.





Gambar 2 : Memilih type document


Karena sebelumnya document sudah terbuka maka pilihlah use the current document klik Next untuk langkah ketiga yaitu memilih penerima surat.





Gambar 3 : Memilih menu use the current document


Untuk memilih penerima surat Word menyediakan 3 pilihan jika sudah memiliki list penerima surat maka pilihlah Use an existing list atau jika list penerima terletak di outlook contacts maka pilihlah Select from outlook contacts, namun karena disini kita belum ada list penerima sebelumnya maka pilihlah Type a new list dan klik Create.





Gambar 4 : Membuat list penerima baru


Maka akan muncul halaman seperti dibawah ini. Kemudian sesuaikan field yang akan digunakan dengan menekan tombol Customize Columns





Gambar 5 : Customisasi kolom field

Hapus semua field-field yang berada di menu field names kecuali beberapa field karena nanti kita akan gunakan field tersebut.



Gambar 6 : List kolom field

Tambahkan field Nama, Perusahaan, Alamat dengan menekan tombol add atau rename kemudian ketik nama field lalu tekan tombol OK.


Gambar 7 : Menambahkan field baru
Masukkan data sesuai dengan field yang tersedia. Kemudian klik tombol Ok untuk menyimpan Address List ini kedalam format Microsoft office Addres List dan beri nama yang sesuai lalu klik tombol Save.
Gambar 8 : Mengisi data pada field

Gambar 9 : Menyimpan data pada field

Pada kotak dialog mail merge recipients akan muncul list penerima undangan yg dibuat, klik tombol OK.


Gambar 10 : List penerima undangan

Klik next, untuk langkah selanjutnya yaitu menulis surat dengan menambahkan field yang dibuat sebelumnya.


Gambar 11 : Memilih menu use an existing list
Pada langkah ini sebelumnya tempatkan cursor dibawah kalimat Kepada Yth, kemudian klik menu more items, maka akan muncul kotak dialog Insert Merge Field lalu insert kan Tiap-tiap field tersebut ke dalam dokumen dengan menekan tombol insert.
Gambar 12 : Memasukkan merge field ke dalam document
Langkah ke empat kemudian klik next, untuk melihat semua surat yang telah tersusun dengan field data.
Gambar 13 : Susunan field yang di masukkan ke document
Silahkan cek surat undangan kita di menu following, setelah selesai klik next untuk melanjutkan langkah selanjutnya.
Gambar 14 : Tampilan field yang berubah ke document
Pada langkah terakhir kita dapat mencetak atau mengedit surat undangan sesuai yg kita inginkan.

Gambar 14 : Undangan siap cetak
sekian dan terima kasih.............Asep Kurniawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar